Our social:

Sabtu, 15 Agustus 2015

Permainan Properties Visual Basic


Tutorial Pengaturan Properties di Visual Basic


   Pada VB, properties merupakan salah satu aspek dasar. Properties sendiri merupakan kumpulan dari opsi – opsi yang dapat dilakukan terhadap suatu object (Misalnya : Command Button ). Kali ini yang dibahas ialah bagian dari properties yang bernama Visible. Visible sendiri berfungsi untuk memperlihatkan atau menyembunyikan object. Dimana yang akan dilakukan adalah memperlihatkan suatu object yang pada awalnya tidak terlihat namun akan terlihat ketika object lainnya di Klik. Disini saya menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 Express.


Langkah–langkah :

  1. Buatlah 2 buah object yaitu : TextBox dan Command Button.
  2. Kemudian kliklah textbox yang sudah dibuat dan arahkan cursor ke bagian properties dari textbox tersebut dan carilah pilihan visible.
  3. Dapat  dilihat bahwa pada pilihan visible tersebut bernilai “True” oleh karena itu ubahlah opsi visible tersebut menjadi bernilai “False”.
  4. Coba jalankan program tersebut dan textbox tersebut tidak akan terlihat.
  5. Kemudian hentikan program dan double click command button yang sudah dibuat sebelumnya maka akan muncul layar tempat memasukkan code.
  6. Masukkan code “Textbox1.Visible = True” dimana Textbox1 merupakan nama dari object yang ingin kita ubah dan visible merupakan nama property yang akan diubah nilainya dan True adalah nilai dari visible yang kita inginkan karena visible merupakan tipe data boolean dimana opsi yang dapat dimasukkan hanyalah “True” atau “False” dan karena visible pada awalnya bernilai “False” maka untuk memunculkan textbox, visible tersebut harus bernilai “True”.
  7. Setelah itu tutup layar codenya dan jalankan programnya.
  8.  
  9. Pada awalnya textbox tetap tidak akan terlihat namun apabila command buttonnya diklik maka textbox tersebut akan muncul.

0 comments:

Posting Komentar